Pentingnya Belajar Ilmu Pengetahuan
Sosial
Sejak dilahirkan, manusia merupakan individu
yang membutuhkan individu lainnya untuk dapat bertahan dan melangsungkan
kehidupannya. Manusia merupakan makhluk individu yang tidak dapat lepas dari
hubungan dengan sesama manusia lain di dalam menjalani kehidupannya.
Dilihat dari kenyataan diatas bahwa seperti
kita ketahui manusia tidak bisa lepas dari yang namanya kehidupan sosial. Dan
manusia tidak serta merta dilahirkan dengan pengetahuan yang luas begitu saja,
melainkan harus melalui proses-proses pembelajaran. Dalam hal ini pembelajaran
didapatkan melalui lingkungan hidup baik keluarga ataupun masyarakat dan
melalui formal atau sekolah.
Naluri manusia untuk selalu berhubungan
dengan sesamanya ini dilandasi oleh alasan – alasan sebagai berikut :
1.
Keinginan manusia untuk menjadi satu dengan manusia lain di
sekelilingnya.
2.
keinginan untuk menjadi satu dengan alam sekelilingnya.
Hal seperti ini yang kemudian akan melahirkan
ilmu pengetahuan yang didalamnya memuat bagaimana individu berinteraksi dengan
individu lain yaitu ilmu pengetahuan sosial.
Ilmu pengetahuan sosial juga membahas hubungan antara manusia dengan
lingkungannya. Lingkungan masyarakat dimana anak didik tumbuh dan berkembang
sebagai bagian dari masyarakat, dihadapkan pada berbagai permasalahan yang ada
dan terjadi di lingkungan sekitarnya. Pendidikan IPS berusaha membantu peserta
didik dalam memecahkan permasalahan yang dihadapi sehingga akan menjadikannya
semakin mengerti dan memahami lingkungan sosial masyarakatnya (Kosasih, 1994).
Pentingnya manusia mempelajari ilmu
pengetahuan sosial sebagai bekal bagi dirinya agar bisa bermanfaat bagi dirinya
dan masyarakat luas dan bisa menerapkan ilmunya langsung ke masyarakat melalui
tindakan-tindakan nyata yang merupakan hasil dari pembelajaran yang ia dapatkan
dan memiliki nila guna serta bagus di masyarakat.
Tujuan ilmu pendidikan sosial
Tujuan-tujuan
dari ilmu pendidikan sosial antara lain:
1.
Untuk
mendidik dan memberi bekal kemampuan dasar kepada siswa untuk mengembangkan
diri sesuai dengan bakat, minat, kemampuan, dan lingkungannya, serta sebagai
bekal siswa untuk melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi.
2.
Mengembangkan
potensi peserta didik agar peka terhadap masalah sosial yang terjadi di
masyarakat, memiliki sikap mental positif terhadap perbaikan segala ketimpangan
yang terjadi, dan terampil serta tampil mengatasi setiap masalah yang terjadi
sehari-hari baik yang menimpa dirinya sendiri maupun yang menimpa masyarakat.
3. Meningkatkan
kemampuan bekerja sama dan berkompetisi dalam masyarakat yang majemuk, baik
secara nasional maupun global.
Peranan ilmu pendidikan sosial
Pendidikan IPS pada hakekatnya berfungsi
untuk membantu perkembangan
peserta didik memiliki konsep diri yang baik, membantu pengenalan dan apresiasi
tentang masyarakat global dan komposisi budaya, sosialisasi proses sosial, ekonomi,
politik, membantu siswa untuk mengetahui waktu lampau dan sekarang sebagai dasar
untuk mengambil keputusan, mengembangkan kemampuan untuk memecahkan
masalah dan keterampilan menilai, membantu perkembangan peserta didik untuk
berpartisipasi secara aktif dalam kehidupan masyarakat (Skeel, 1995:11).
peserta didik memiliki konsep diri yang baik, membantu pengenalan dan apresiasi
tentang masyarakat global dan komposisi budaya, sosialisasi proses sosial, ekonomi,
politik, membantu siswa untuk mengetahui waktu lampau dan sekarang sebagai dasar
untuk mengambil keputusan, mengembangkan kemampuan untuk memecahkan
masalah dan keterampilan menilai, membantu perkembangan peserta didik untuk
berpartisipasi secara aktif dalam kehidupan masyarakat (Skeel, 1995:11).
Karakteristik ilmu pengetahuan sosial
Ruang lingkup IPS tidak lain adalah kehidupan sosial
manusia di masyarakat. Oleh karena itu, masyarakat inilah yang menjadi sumber
utama ilmu pengetahuan sosial. Aspek kehidupan sosial apapun yang kita
pelajari, apakah itu hubungan sosial, ekonomi, budaya, kejiwaan, sejarah,
geografi ataukah itu politik, semua bersumber dari masyarakat. Sebagai contoh,
secara langsung kita mengamati, mempelajari, bahkan mengalami aspek kehidupan
sosial yang kita sebut ekonomi, tidak terlepas dari masyarakat. Pemenuhan
kebutuhan pokok, hubungan kegiatan ekonomi, seperti proses produksi, distribusi
dan menjual semuanya terjadi di masyarakat. Dengan demikian masyarakat ini
menjadi sumber materi IPS.
Sebagai program pendidikan IPS yang layak harus mampu
memberikan berbagai pengertian yang mendasar, melatih berbagai keterampilan,
serta mengembangkan sikap moral yang dibutuhkan agar peserta didik menjadi
warga masyarakat yang berguna, baik bagi dirinya sendiri maupun orang lain.
PANDANGAN SAYA
1.
Pentingnya pembelajaran ilmu pendidikan sosial
Seperti yang telah dipaparkan di atas, dimana kita
ketahui bahwa manusia terlahir dalam keadaan bersih seprti kertas putih / tanpa
adanya ilmu yang mereka miliki. Dan manusia dalam menjalankan hidupnya ia tidak
bisa sendiri dengan kata lain manusia
tidak bisa lepas dari yang namanya kehidupan sosial.
Dalam hidup bermasyarakat tentunya manusia
harus bisa menjaga tingkah laku dan sopan santunnya dalam dalam bergaul, agar
tidak menimbulkan kekacauan-kekacauan yang tidak diinginkan. Dalam hal ini
diperlukan sebuah pendidikan sebagai bekal manusia dalam hidup bermasyarakat
atau bersosialisasi. Nah disinilah tempat perlunya seseorang atau individu
mempelajari ilmu pengetahuan sosial, karna dalam ilmu ini diajarkan ilmu
sosial, budaya, ekonomi, politk, dan lain-lain yang berkaitan dengan kehidupan
masyarakat. Agar indifidu tau bagai mana menghadapi sebuah masalah, baik yang
menimpanya ataupun masyarakat dan dapat mengatasinya tentunya. Bagaimana
seorang bisa bermanfaat bagi lingkungan sekitarnya, bisa brfilir positif dan
dan kritis, bisa menjaga hubungan dengan orang lain secara baik dan elastis.
2. Tujuan ilmu pendidikan sosial
Seperti yang telah dibahas di atas maka dapat
saya simpulkan bahwa tujuan dari ilmu pendidikan sosial sesungguhnya agar bisa
mencerdaskan dan mempersiapkan peserta didik dalam menghadapi
kesulitan-kesulitan atau penomena-penomena yang terjadi dalam masyarakat dan
bagaimana ia bisa mengatasi dan memberi manfaat bagi lingkungan dan masyarakat
tempat tinggalnya. Tapi dalam mencapai tujuan dari pendidikan ini tentunya
sangat tergantung dari lingkungan dan bagaimana cara pengajaran ilmu pendidikan
sosial di sekolah, jika guru hanya memberikan teori-teori tanpa memberikan
pembelajaran yang konterstual maka siswa taunya IPS itu hanya sebatas materi ajar
yang harus dipelajari tanpa tau manfaat dari materi yang dipelajari tersebut.
Disamping sekolah, lingkungan juga sangat
berperan dalam hal ini, bagaimana siswa tidak hanya mendapat ilmu dari sekolah
melainkan juga bisa didapat dari lingungan. Bagaimana si anak mampu menempatkan
diri pada posisi yang tepat pada lingkungannya agar dia dapat mengambil hal-hal
yang positif bagi dirinya sendiri khususnya dalam hal pembelajaran.
3. Fungsi peranan ilmu pendidikan sosial
Tujuan dan peranan ilmu pendidikan yang telah
dipaparkan memang benar adanya, dimana pendidikan ini bertujuan untuk membentuk
dan membantu peserta didik untuk memiliki konsep diri yang baik, mampu
mengenali bagaimana kehidupan masyarakat baik lokal atau mancanegara atau
global. Bagaimana peserta didik
mengenali sejarah-sejarah sehingga mereka menghargai bangsa dan negaranya.
Bagaimana peserta didik mampu memecahkan masalah, memiliki keterampilan
menilai, berpartisipasi secara aktif dalam kehidupan masyarakat dan sebagai
bekal untuk mampu mengenyang pendidikn yang lebih tinggi.
4. Karakteristik ilmu pendidikan sosial
Ruang lingkup pendidikan sosial adalah
mengkaji tentang kehidupan dan kejadian-kejadian yang terjadi di masyarakat.
Karena ilmu IPS merupakan ilmu tentang bagaimana manusia berintraksi dengan
manusia dan lingkungannya. Oleh
karena itu, masyarakat inilah yang menjadi sumber utama IPS. Dalam ilmu pengetahuan sosial mempelajari geografi,
sosial budaya, politik, kejiwaan, sejarah, ataukah itu ilmu ekonomi yang
kesemuanya itu merupakan sesuatu yang tidak bisa lepas dari yang namanya
manusia. Jadi ilmu pengetahuan sosial merupakan ilmu nyata, nyata disini
maksudnya berhubungan dan berkaitan langsung dengan makhluk hidup khususnya
manusia.
KESIMPULAN
Dari semua paparan yang di atas dapat saya simpulkan
bahwa ilmu pendidikan sosial sangat penting dipelajari dan di ajarkan ke
masyarakat khususunya peserta didik, agar menjadi pribdi yang beretika,
bermoral, cerdas, dapat berfikir kritis terhadap masalah-masalah yang ada, baik
masalah pribadi ataupun yang ada dimasyarakat serta dapat memberi solusi bagi
masalah tersebut, dapat memberikan manfaat bagi lingkungan masyarakat tempa
tinggalnya, dan sebagai bekal untuk menyongsong masa depan yang lebih baik dan
cerah.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar